Sensus Penduduk 2010, Sensus Terbesar ke-4 Dunia


Wah, di awal bulan Mei ini ada banyak agenda besar yang mulai terdengan gaungnya di seantero Indonesia. Mulai dari peringatan Hari Buruh (May Day), peringatan Hari Pendidikan Nasional, dan Sensus Penduduk 2010 (SP2010). Nah, kali ini saya coba mengangkat masalah Sensus Penduduk 2010 saja, masalah lain antri dulu.

Sejak awal tahun 2010 pemerintah mulai sibuk mensosialisasikan program Sensus Penduduk 2010 yang akan dilaksanakan mulai 1-31 Mei 2010. Dalam setiap sosialisasi sering terdengan pernyataan bahwa Sensus Penduduk Indonesia merupakan sensus penduduk terbesar ke-4 di dunia. Ya, tentu saja hal itu benar adanya. Karena berdasarkan data sensus penduduk terakhir yang dilaksanakan pada tahun 2000 jumlah penduduk Indonesia saja sudah mencapai 205,1 juta jiwa dan diperkirakan tahun 2010 mencapai 234,2 juta jiwa. Berdasarkan data tersebut Indonesia menjadi negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 dunia  setelah India, China dan Amerika Serikat.

Pemerintah sendiri melalui Badan Pusat Statistik (BPS)  akan memperkerjakan 600 ribu pencacah yang diharapkan berasal dari wilayah setempat untuk mempermudah proses pencacahan. Petugas pencacah akan menanyakan seputar 40 pertanyaan yang berkaitan dengan kondisi dan fasilitas perumahan dan bangunan tempat tinggal, karakteristik rumahtangga dan keterangan individu anggota rumahtangga. Puncak kegiatan SP2010 berupa kegiatan pencacahan penduduk di semua wilayah geografis Indonesia secara serempak selama bulan Mei 2010 (Bulan Sensus). Pada 31 Mei 2010 akan dilakukan pembaharuan hasil pencacahan secara serempak dengan mencatat kejadian kelahiran, kematian dan perpindahan penduduk yang terjadi selama Bulan Sensus dan menyisir serta mencatat penduduk yang tidak bertempat tinggal tetap (homeless). Tanggal 31 Mei 2010 merupakan Hari Sensus artinya data SP2010 yang dihasilkan merujuk pada hari sensus tersebut.

Data SP2010 diharapkan dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang antara lain mencakup:

  1. Memperbaharui data dasar kependudukan sampai ke wilayah unit administrasi terkecil (desa)
  2. Mengevaluasi kinerja pencapaian sasaran pembangunan milenium (Milenium Development Goal, MDGs),
  3. Menyiapkan basis pengembangan statistik wilayah kecil,
  4. Menyiapkan data dasar untuk keperluan proyeksi penduduk setelah tahun 2010,
  5. Mengembangkan kerangka sampel untuk keperluan survei-survei selama kurun 2010-2020,
  6. Basis pembangunan registrasi penduduk dan pengembangan sistem administrasi kependudukan.

Data SP2010 akan mencakup seluruh penduduk warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara asing (WNA) yang tinggal dalam wilayah teritorial Indonesia, baik yang bertempat tinggal tetap maupun yang tidak tetap. Penduduk yang tidak bertempat tinggal tetap antara lain tuna wisma, pengungsi, awak kapal berbendera Indonesia, suku terasing, dan penghuni perahu/rumah apung. Anggota korps diplomatik negara lain beserta anggota rumahtangganya, meskipun menetap di wilayah teritorial Indonesia tidak dicakup dalam pencacahan SP2010. Sebaliknya anggota korps diplomatik RI beserta anggota rumahtangganya yang berada di luar negeri akan dicakup dalam SP2010.

Jadi, kalau anda ingin berpartisipasi membangun bangsa, ayo sukseskan Sensus Penduduk 2010!!!

About these ads

Tentang Desli Zendrato

"Perjalanan hidup telah mengajarkanku, bahwa setiap tantangan dan masalah ada bukan untuk direnungi tetapi untuk dihadapi dan itulah yang akan menjadikanmu lebih baik dari hari ke hari."

Posted on 2 Mei 2010, in ANEKA and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. sukseskan sesus penduduk

    thanks infonya sangat bermanfaat

    TELKOMSEL UNLIMITED ready stock

  2. SP2010 memang berbeda dengan SP sebelumnya…. Ada 91 Pertanyaan yang harus diajukan oleh petugas dan dijawab oleh respnden.

    http://desamandalawangi.wordpress.com/2010/05/16/91-pertanyaan-sensus-penduduk-2010/

  3. Assala Mualaikum Wr Wb..

    Mohon maaf Sebelum nya..

    Sekarng kan sudah masuk minggu ke 4 , dan sebentar lagi sensus Berahir, Ko sampai saat ini saya lom Di data yach, Perna Petugas Sensus datang ke tmpat saya, mereka hanya Ngasih selembar kertas, untuk kita isi sendiri,
    Bukan nya petugas sensus Bekerja untuk mendata Setiap warga dan petugas sensus mewawancarai masyarakan,,,
    Tapi Kalau Di tempat saya Ko tidak Mereka Hanya membagikan selembar kerja untuk kita isi sendiri, setelah berapa hari mereka ambil kertas itu,
    Masa Seperti Itu Sich Sensus 2010,,,,

    Terimakasih…

    Wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: