Peringatan Hari Lingkungan Hidup Mahasiswa Kehutanan USU


Aksi cabut paku saat HLH 2009

Aksi cabut paku saat HLH 2009

Medan (5/6/2009) Ditengah-tengah kesibukan ujian akhir semester sejumlah mahasiswa Departemen Kehutanan USU melaksanakan aksi simpatik dalam memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia 2009 di sepanjang jalan Dr. Mansyur mulai dari Pintu IV kampus USU sampai pertigaan lampu merah Dr. Mansyur-Djamin Ginting. Aksi yang mengatasnamanakan Himpunan Mahasiswa Sylva (HIMAS) USU ini dikoordinatori oleh Kiajar Rajagukguk. Aksi ini sendiri merupakan bentuk kepedulian mahaiswa kehutanan USU dalam menanggapi pencemaran lingkungan yang terjadi disekitar lingkkungan kampus mereka.

Kegiatan ini bertajuk Aksi Cabut Paku Pohon. Diakui oleh koordinator aksi, kegiatan ini hanya dipersiapkan secara singkat dan dengan menggunakan dana pribadi mahasiswa. Peralatan yang digunakan seperti palu dan sapu lidi merupakan milik mahasiswa yang ikut serta sedangkan tempat sampah yang digunakan sengaja dibeli untuk mendukung aksi sekaligus sumbangan mahasiswa bagi lingkungan kampusnya. Sebagian tempat sampah yang digunakan disebar di beberapa titik sekitar kampus.

Koordinator aksi mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan simpatik yang diharapkan dapat membangkitkan kepedulian masyarakat sekitar kampus khususnya dan masyarakat kota Medan umumnya dalam menjaga lingkungannya. Aksi cabut paku sendiri ditujukan sebagai tanggapan atas maraknya pemasangan pamflet-pamflet di pohon-pohon yang berdampak pada pertumbuhan pohon. Jadi dengan aksi ini mahasiswa juga turut membantu pemeliharaan pohon-pohon peneduh jalan.

Di akhir kegiatan mahasiswa Kehutanan USU membagi-bagikan sejumlah stiker himbauan dan gantungan kunci kepada pengendara motor dan mobil yang sedang berhenti di lampu merah. Mereka juga membagikan stiker kepada beberapa polisi yang sedang bertugas di lampu merah. Meskipun terlihat melelahkan tetapi para peserta aksi terlihat puas dan senang karena tanggapan masyarakat yang cukup positif sepanjang aksi. Semoga aksi yang kecil ini dapat menumbuhkan rasa peduli sekaligus aksi nyata terhadap lingkungan. Mari Selamatkan Lingkungan Kita. (dtz)

Redaksi: Desli T. Zendrato
http://www.hutanlestari.blogspot.com
deslisumatran.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s