Konflik Orangutan vs Manusia


Salah satu dampak konflik antara manusai dan orangutan adalah meningkatnya perburuan orangutan untuk diperdagangkan. Konversi hutan untuk berbagai kepentingan (misalnya perkebunan) dan pembangunan infrakstruktur menyebabkan akses perburuan orangutan semakin mudah.

Pembukaan lahan dan perburuan akan menyebabkan orangutan keluar dari habitatnya dan bergerak ke daerah-daerah pinggiran sungai atau perkebunan, kondisi ini terjadi karena orangutan ketakutan dan kehilangan sumber pakan. Bahkan pada beberapa kasus orangutan memasuki daerah pemukiman masyarakat atau perkebunan, dan terjadi konflik antar keduanya yang mengakibatkan orangutan menjadi korban.

Adakah cara untuk menangani konflik orangutan vs manusia?

Belum terdapat solusi terbaik yang dilakukan untuk mengatasi konflik antar manusi dan orangutan.

Pada perkebunan, langkah pertama dapat ditempuh adalah melaukuan perencanaan penggunaan lahan secara terpadu, pembangunan kawasan lindung, pembuatan koridor, pembuatan batas rintangan, penjagaan tanaman, dan langkah terakhir namun tidak direkomendasikan adalah translokasi.

Hal ini sangat penting dilakukan unutk mencegah munculnya potensi konflik antara manusia dengan orangutan yang telah menjadi perhatian internasional. Dengan demikian segala rencana pembangunan, termasuk perkebunan (misalnya kebun sawit) sebaiknya tidak dilakukan di dalam kawasan habitat potensial orangutan atau harus mengikuti aturan yang ditetapkan dalam RSPO, prioritas CTDPs, dan HCVF dalam pendekatan BMP.

Selain itu, izin pembangunan perkebunan baru baik perkebunan skala besar atau kecil sebaiknya hanya di lahan terlantar atau di lahan tidur, bukan di hutan alam yang mengandung keanekaragaman hayati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s