Penyu


Penyu adalah satwa yang tetap bertahan hidup semenjak 100 juta tahun yang lalu pada jaman cretaceous dan tetap lestari hingga sekarang. Namun dalam 50 tahun terakhir ini populasi penyu di alam terus menurun dengan drastis dan dikhawatirkan akan punah jika tidak ada upaya untuk melestarikannya.

Penyu hidup di perairan laut. Sebaian besar ditemukan di daerah tropika (seperti Indonseia) dan subropika. Enam dari tujuh jenis penyu di dunia, dapat ditemukan di perairan laut Indonesia. Keenam jenis penyu tersbut adalah penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu tempayan (Caretta caretta), penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu pipih (Natator depressus), dan penyu belimbing (Dermochelys coriacea). Sedangkan penyu yang tidak ditemukan di Indonesia adalah penyu ridley (Lepidochelys kempii).

(a) Penyu hijau (Chelonia mydas), (b) Penyu sisik (Eretmochelys imbricata), (c) Penyu tempayan (Caretta caretta)

(d) Penyu lekang (Lepidochelys olivacea), (e) Penyu pipih (Natator depressus), (f) Penyu belimbing (Dermochelys coriacea)

Penyu dan Kura-kura

Banyak orang yang bingung membedakan penyu dengan kura-kura, meskipun kedua-duanya sama-sama masuk kelompok reptile atau satwa melata. Penyu hidup di laut, sedangkan kura-kura lainnya hidup di air tawar atau darat. Salah satu ciri yang paling mudah untuk mengenali penyu adalah kakinya yang berbentuk dayung atau sirip. Kaki bebentuk dayung ini akan mempermudah penyu berenang di laut. Kaki depannya biasanya hanya mempunyai satu atau dua cakar. Penyu yang jantan biasanya mempunyai cakar yang lebih panjang dan ekor yang juga lebih panjang.

Ukuran penyu juga relative lebih besar dari kura-kura. Rata-rata ukuran penyu adalah 1-2 meter, bahkan ada yang mencapai 3 meter seperti pada penyu belimbing. Berat seekor penyu dewasa dapat mencapai lebihdari 150 kg. Sedangkan kura-kura umumnya berukuran kecil dengan panjang 15-30 cm, meskipun ada juga empat jenis kura-kura yang ukurannya lebih dari 50 cm. Perbedaan lain adalah penyu tidak dapat menarik kepalanya ke dalam tempurungnya, sedangkan kura-kura dapat menarik kepala ke dalam tempurungnya jika ada bahaya. Tempurung penyu sering disebut karapas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s