Fenomena Alam Unik


Ice Circle

lingkaran Es adalah fenomena yang jarang terjadi di air yang bergerak lambat di iklim dingin. Terdiri dari piringan besar es yang memutar perlahan-lahan di dalam air. Hal ini diyakini bahwa mereka terbentuk dalam arus eddy. Paling sering muncul di Skandinavia dan Amerika Utara, tapi ada satu yang tercatat di Britania pada Januari 2009. Lingkaran es terjadi di tikungan sungai di mana percepatan air menciptakan sebuah gaya yang disebut ‘rotasi geser’, yang memutuskan sepotong es dari tikungan sekitarnya. seperti cakram berputar, memutar sekitar es lalu merapikan ke lingkaran yang sempurna.

Red Tides

Sebuah fenomena alam yg terjadi krn berkumpulnya mikroorganisme dipesisir tempat bergabungnya air dari muara, laut atau air sungai dan membuat air menjadi berwarna ungu dan merah. Red Tide ini disebabkan oleh ledakan benda2 beracun, plankton mikroskopik alami (khususnya, subkelompok yang dikenal sebagai dinoflagellates). “Blooms” dari plankton yang memproduksi racun adalah fenomena pantai yang disebabkan oleh kondisi lingkungan, yang mendorong ledakan pertumbuhan. Faktor-faktor yang membuatnya secara khusus meliputi suhu permukaan hangat, kandungan gizi tinggi, kadar garam rendah, dan laut tenang. Hujan diikuti dengan cuaca cerah pada musim panas sering dikaitkan dengan pasang red Tides.

Columnar Basalt

Formasi bebatuan yg terbentuk dikarenakan lava dari letusan gunung yg mendingin. karena magma mendingin dengan cepat, sehingga sebagian kecilnya membentuk kristal.
Basalt yg terkenal di dunia terletak di Giant’s Causeway di Irlandia Utara.

Sun Dogs

Fenomena dimana matahari terlihat berjumlah 3 buah. Nama ilmiahnya parhelion, sama dengan parhelia, dari bahasa Yunani parēlion,disebut juga matahari tiruan adalah sebuah fenomena atmosfer yang menciptakan titik-titik terang cahaya di langit, berbentuk sebuah cincin atau lingkaran bercahaya di kedua sisi matahari, dibentuk oleh kristal es. Sundogs mungkin sebagai cerminan cahaya ke kiri atau kanan dari matahari.Sundogs yang terbaik dan yang paling mencolok terlihat adalah ketika matahari rendah.

Moeraki Boulders

Batu batu berbentuk bulat yg berada di tepi pantai, terbentuk krn deburan ombak, yg terkenal berada di Pantai Koekohe.

Penitentes

Fenomena alam yg hanya terjadi di tempat antara Chili dan Argentina, yaitu salju di permukaan yg tinggi yg runcing yang berorientasi ke arah matahari karena tiupan angin yang kuat di pegunungan andes. Lliboutry mencatat bahwa kondisi iklim kunci untuk ablasi diferensial yang mengarah pada pembentukan Penitentes yang menjelaskan bahwa titik embun selalu di bawah titik beku. Dengan demikian, salju akan menghalus, karena sublimasi memerlukan masukan energi yang lebih tinggi daripada yang mencair. Setelah proses ablasi diferensial dimulai, permukaan geometri penitente berkembang menghasilkan mekanisme umpan balik yang positif, dan radiasi yang terperangkap oleh beberapa refleksi antara dinding. Cekungan menjadi satu dengan radiasi benda hitam, sementara angin mengakibatkan penurunan saturasi udara, peningkatan suhu titik embun dan awal pencairan. Dengan cara ini, di mana massa yang hilang hanya karena sublimasi, akan tetap, serta dinding yang curam, yang mencegah panas matahari yang minim.

Light Pillars

Fenomena visual yg tercipta krn pantulan cahaya dari kristal es dekat permukaan planar sejajar horisontal. Cahaya dapat berasal dari matahari, biasanya pada saat matahari mau terbenam, dalam hal ini fenomena ini disebut pilar matahari. Dapat juga datang dari bulan atau dari sumber-sumber terestrial seperti lampu jalan

Catatumbo lightning

Orang2 Venezuela menamakan petir misterius itu dengan Relampago del Catatumbo atau petir Catatumbo. Lokasi terjadinya petir ini di dekat sungai Catatumbo di danau maracaribo, Venezuela. Kilat ini menyambar hebat dengan tinggi 5 km. Terjadi 140 bahkan sampai 160 kali di malam hari dalam 1 tahun. Setiap malamnya terjadi sambaran selama 10 Jam. Tiap jam terjadi sebanyak 280 kali sambaran. Jadi dalam setahun kurang lebih 448.000 kali sambaran!!! Petir ini terjadi karena tumbukkan angin kencang yang berasal dari Pegunungan Andes. Konon, petir ini adalah pembentuk lapisan ozon yang paling besar di bumi.

Cave of the Crystals

Cueva de los Cristales (Gua dari Kristal) adalah sebuah gua yang terhubung ke Naica Mine 300 meter (980 kaki) di Chihuahua, Meksiko. Ruangan utama berisi selenite kristal raksasa, beberapa kristal alam terbesar yang pernah ditemukan. Dikarenakan ada dapur magma di bawah tanah di bawah gua. Memanaskan magma dan mineral air tanah menjadi jenuh dalam jumlah besar. Ruang cekungan gua itu penuh dengan air panas mineral yang kaya dan tetap penuh selama sekitar 500.000 tahun. Selama waktu itu, suhu air tetap stabil di atas 50 ° C. Hal ini memungkinkan untuk membentuk kristal mikroskopis dan tumbuh. Mereka terus tumbuh menjadi ukuran besar.

Pink and White Terraces

Keajaiban alam yg tinggal kenangan krn dihancurkan oleh letusan gunung berapi tarawera pada tahun 1886, Fenomena alam air hangat ini terbentuk dari semburan geyser yang melintas menuruni lereng bukit meninggalkan ketebalan es, kolam air hangat terbesar ini tercatat 3 hektar, sebelum kehancuranya fenomena ini masuk kedalam “The Eighth Wonder of the World”.

Masih banyak lagi fenomena alam menakjubkan yang ada di dunia seperti “the great blu hole”, the burning gate di uzbekistan dan yang baru baru ini sungai yang ada didasar laut di meksiko.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s