Saatnya Anda Menggunakan Helm SNI


Terhitung mulai hari ini pihak kepolisian mulai melakukan sosialisasi penggunaan helm SNI (Standar Nasional Indonesia). Sosialisasi ini dilatar belakangi tingginya tingkat kecelakaan di jalan yang melibatkan pengguna sepeda motor. Kegiatan sosialisasi ini direncanakan berlangsung hingga 10 April mendatang dan belum dilakukan penindakan terhadap yang melanggar. Pihak kepolisian hanya akan mengarahkan dan mensosialisasikan penggunaan wajib helm SNI kepada para pengendara sepeda motor yang melanggar.

Pemberlakuan sanksi terhadap pelanggar ketentuan penggunaan helm SNI mulai diberlakukan mulai 11 April. Bagi pelanggar sanksi yang dihadapi berupa teguran, peringatan, hingga pemberian surat tilang. Dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 219 disebutkan, setiap orang yang mengemudikan sepeda motor tidak mengenakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) terancam pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

Untuk membedakan helm SNI asli anda bisa melihat label bertuliskan SNI di salah satu bagian helm. Label SNI tersebut bukan berupa tulisan tinta atau stiker, tetapi berupa tulisan timbul (emboss). Untuk membantu anda memilih helm yang benar-benar sudah memiliki label SNI asli, berikut daftar merk helm yang sudah memiliki sertifikat SNI: NHK, GM, VOG, MAZ, MIX, INK, KYT, MDS, BMC, HIU, JPN, BESTI, CROSX, SMI, SHC, OTOKOGI, CABERG, HBC, dan Cargloss Helmet. Sementara helm merk terkenal lain yang belum bersertifikat SNI yaitu: Nolan, Arai, AGV, Shoei, Shark, KBC dan lainnya.

Label SNI pada helm

Masalah yang dihadapi para pengendara sepeda motor yang tidak memiliki helm SNI yaitu mahalnya harga sebuah helm SNI yang bisa mencapai Rp. 250 ribu bahkan lebih. Tetapi lebih baik membayar sebuah helm SNI seharga Rp. 250 ribu daripada membayar sebuah surat tilang dengan harga yang sama. Jadi, daripada kena sanksi, lebih baik dari sekarang GUNAKAN HELM SNI!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s