Kabut Asap di Jambi


10092011

Kabut asap di Kota Jambi (Foto: Desli Zendrato)

Sejak akhir bulan agustus kemarin kota Jambi mendapatkan “hadiah spesial” yaitu kabut asap. Ya, kabut asap. Menarik bukan?

Sudah sejak 1 tahun terakhi kota jambi bebas dari kabut asap, namun tahun ini kabut asap kembali meliputi kota jambi dan kabupaten lain di provinsi Jambi. Kabut asap ini disebabkan kebakaran lahan, di 7 kabupaten yaitu Tebo, Tanjung Jabung Barat, Batanghari, Merangin, Bungo, Tanjung Jabung Timur dan Muaro Jambi. Kebakaran lahan gambut sebelumnya terjadi di kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Muaro Jambi yang meliputi lahan seluas 1.300 ha dan merembet hingga ke kabupaten lainnya.

Kabut asap akibat kebakaran lahan gambut telah menyelimuti 9 kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Kondisi ini menyebabkan kualitas udara semakin memburuk. Tercatat, kualitas udara terburuk terjadi di kabupaten Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur dan kota Jambi. Kondisi ini bisa mempengaruhi kondisi kesehatan warga. Di himbau agar warga menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar rumah.

Selain itu, kabut asap juga mengganggu jadwal penerbangan. Sejak muncul kabut asap, jadwal penerbangan di bandara Sultan Thaha khususnya pagi hari mengalami pengunduran jadwal keberangkatan maupun kedatangan pesawat. Kabut asap juga mengganggu aktivitas pelayaran di sungai Batanghari.

Kabut asap di provinsi Jambi semakin diperparah dengan adanya kiriman kabut asap dari Sumatera Selatan. Kondisi ini diperkirakan akan berakhir sekitar awal Oktober, dimana diperkirakan hujan besar akan turun sekitar awal Oktober. (DZ)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s