Tips Mengatasi Blackberry Lemot


blackberryBagi anda pengguna Blackberry, pasti akan menjadi jengkel kalau BB anda mulai hang alias lemot. Lalu, anda mulai berpikir untuk segera mengganti Blackberry anda dengan produk yang lebih baru. Eiittsss, tunggu dulu. Jangan buru-buru ganti Blackberry anda, karena tidak ada yang menjamin hal serupa tidak akan terjadi pada BB baru anda. Coba dulu beberapa tips berikut ini.

Install aplikasi yang penting. Cek kembali daftar aplikasi yang terinstall di Blackberry anda. Sebaiknya segera uninstall aplikasi yang  yg berkapasitas besar dan tidak berguna untuk mengurangi penggunaan memori.

Batasi Grup BBM. Grup BBM merupakan salah satu yang menguras memori yang membuat Blackberry kita menjadi lemot. Bijaklah memilih dan mengikuti Grup BBM, tidak semua perlu anda ikuti. Lagi pula, masih ada media lain untuk tetap menjalin hubungan dengan teman komunitas kita.

Tutup obrolan BBM yang sudah selesai. Jangan biarkan aktivitas obrolan BBM anda yang telah lama usai tetap aktif. Sebaiknya segera tutup obrolan BBM yang sudah selesai. Jika anda menganggap obrolan itu penting, anda bisa menyimpannya melalui menu Options di BBM anda, cari Save Chat History dan pilih Media Card.

Hapus e-mail yang tidak diperlukan. Periksa secara berkala daftar e-mail yang masuk di akun anda, mungkin banyak yang sudah tidak diperlukan lagi. Anda bisa segera menghapus e-mail yang tidak berguna dan berukuran besar. Ketika akan menghapus e-mail biasanya akan muncul pilihan On Mailbox & Handled (e-mail di Blakberry dan di Mailbox server akan dihapus) atau On Handled (hanya e-mail yang di Blackberry saja yang akan dihapus). Jika anda menganggap e-mail yang akan dihapus cukup penting, cukup pilih On Handled, karena e-mail aslinya masih tersimpan di Maibox server.

Clear Log. Biasakan melakukan Clear Log dengan cara menekan tombol Alt + LG +LG.

Hapus memory chache di browser. Bagi anda yang sering browsing via Blackberry, biasakan menghapus memory chace pada browser anda dengan cara: Menu Blackberry > Browser > Options > Chache Operations > Clear History.

Rajin-rajin membersihkan memory. Caranya: Menu Blackberry > Options > Security > Andvanced Security Settings > Memory Cleaning > beri tanda Check pada kolom Enable > pilih tombol Clean > Return > Save.

Maksimalkan penggunaan memori eksternal. Simpan file foto, video, lagu dan lainnya ke dalam memori eksternal atau media card. Caranya: Menu Blackberry > Options > Device > Storage > beri tanda check pada Media Card Support.

Soft Reset. Jika langkah-langkah di atas sudah anda lakukan dan masih terasa kurang maksimal, anda bisa melakukan soft reset dengan cara menekan tombol: Alt + aA↑ + del (khusus pada Blackberry yang memiliki keyboard).

Hard Reset.  Selain Soft Reset, alternatif lain yang bisa dilakukan adalah melakukan Hard Reset dengan cara melepas baterai Blackberry dan biarkan selama 1 menit kemudian pasang kembali baterainya dan biarkan Blackberry anda me-restart.

Demikian tips mengatasi Blackberry lemot, semoga bisa membantu….🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s