Congrats Mr. President


jokowi_jk

Sejarah baru kembali tercipta di tanah nusantara. Indonesia sudah menentukan presiden pilihannya yang akan memimpin bangsa untuk periode 5 tahun ke depan. Presiden pilihan rakyat, yang lahir dari rakyat, dan memimpin bagi kesejahteraan rakyat. Setelah terpilih melalui Pemilu Presiden 2014, Joko Widodo dan Jusuf Kala akhirnya sah menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019 setelah dilantik pada 20 Oktober 2014 dihadapan anggota DPR, DPD dan MPR.

Congrats Mr. President and Mr. Vice President, Joko Widodo and Jusuf Kala. Selamat bertugas memimpin bangsa Indonesia menjadi bangsa maju yang disegani bangsa-bangsa dunia. Amin!!!

Presiden Indonesia ke-7, Joko Widodo merupakan putra asli Solo. Lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo dan merupakan anak sulung dan putra satu-satunya dari empat bersaudara. Semasa kecilnya, Joko Widodo menempuh pendidikan dasar di SD Negeri 111 Tirtoyoso. Lulus pendidikan dasar, Joko Widodo melanjutkan pendidikan menengahnya di SMP Negeri 1 Surakarta dan dilanjutkan di SMA Negeri 6 Surakarta. Selepas menempuh pendidikan dasar dan menengah, Joko Widodo melanjutkan studinya di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada dan berhasil lulus pada tahun 1985. Pada tanggal 24 Desember 1986, Joko Widodo menikah dengan Iriana di Solo. Dari pernikahannya, telah dikaruniai 3 orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, danKaesang Pangarep.

Sempat bekerja di BUMN PT. Kertas Kraft Aceh, ia kembali ke Solo dan memulai berbisnis di bidan perkayuan dengan bekerja di CV. Roda Jati yang merupakan milik Pakdenya, Miyono. Tahun 1988, Joko Widodo memberanikan diri membuka usaha sendiri dengan nama CV. Rakabu, yang diambil dari nama anak sulungnya. Sempat tertipu diawal usaha kayunya, karena sang pembeli tidak membayar kayu yang telah dikirim. Namun di tahun 1990 kembali dengan pinjaman modal 30 juta rupiah dari ibunya. Lewat usaha kayu ini, Joko Widodo bertemu dengan Micl Romaknan yang kemudian memunculkan panggilan “Jokowi” karena kesulitan mengucapkan nama pak Joko Widodo.

Tahun 2005, Joko Widodo terpilih sebagai walikota Solo dengan pasangan wakil walikotanya FX. Hadi Rudyatmo. Di periode pertama kepemimpinannya sebagai walikota Solo, Joko Widodo banyak melakukan perubahan dan pengembangan di kota Solo. Prestasi yang mengantarkannya kembali terpilih sebagai Walikota Solo dengan prosentase suara melebihi 90%. Hasil pemilihan ini menjadi fenomena tersendiri yang juga mulai mengangkat nama Joko Widodo di tingkat nasional.

Berhasil di Solo, Joko Widodo mengikuti Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Tahun 2012. Berpasangan dengan Basuki Tjahja Purnama atau yang akrab disebut Ahok sebagai Calon Wakil Gubernur Jakarta, Joko Widodo terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur setelah melalui 2 tahapan pemilihan. Di masa kepemimpinannya, Joko Widodo melakukan beberapa terobosan yang turut mengubah Jakarta diantaranya Kartu Jakarta Sehat, Jakarta Pintar, pengembalian fungsi waduk, dan fokus pada penyediaan transportasi massal seperti monorel dan Mass Rapid Transportasi (MRT). Terobosan lainnya yang menjadi prestasi tersendiri bagi Joko Widodo dan Ahok yaitu penertiban pedagang di kawasan Pasar Tanah Abang yang terkenal sulit diatur.

Berbagai capaian Joko Widodo selama memimpin Jakarta dan munculnya istilah “Jokowi Effect” menjadikan PDI Perjuangan bersama partai pendukung lainnya mengusung Joko Widodo sebagai Calon Presiden berpasangan dengan Jusuf Kalla sebagai Calon Wakil Presiden pada Pilpres 2014. Bersaing dengan Prabowo Subijanto yang berpasangan dengan Hatta Rajasa yang diusung Partai Gerindra bersama koalisinya, akhirnya Joko Widodo dan Jusuf Kalla keluar sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2014-2019.

Tepat tanggal 20 Oktober 2014, Joko Widodo dan Jusuf Kalla dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2014-2019. Untuk mewujudkan cita-cita Indonesia yang maju dan setara dengan bangsa lain, Joko Widodo telah menentukan para menteri yang siap bekerja. Kabinet pemerintahan yang dipimpin Joko Widodo terdiri dari 34 menteri, dimana 4 diantaranya merupakan Menteri Koordinator. Kabinet ini dinamakan Kabinet Kerja. Ya, sesuai namanya, Joko Widodo dan Jusuf Kalla bersama menteri-menterinya akan bekerja untuk Indonesia yang maju dan setara dengan bangsa lain. Selamat bertugas Mr. President. (dtz)

Sumber: id.wikipedia.org; Foto: Widodo S. Jusuf/ANTARA FOTO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s